A-List: Sebuah daftar blogger-blogger yang memiliki blog dengan
traffic relatif tinggi dan banyak dikenal di dunia blogging. Biasanya
merujuk pada daftar 100 Technorati Blog.
Avatar: adalah
representasi grafis yang dapat dipilih untuk dunia chating atau
komunitas digital lainnya. Representasi ini dapat berupa gambar manusia,
obyek, dan binatang.
Advertiser: Sama artinya dengan Merchant, yaitu pedagang atau perusahaan yang memberikan komisi.
Adsense:
Jaringan periklanan online yang paling terkenal di internet. Adsense
dimiliki oleh Google dan memberikan kesempatan kepada para blogger untuk
melakukan monetisasi blognya dengan menampilkan iklan kontekstual di
blog mereka. Setiap kali seseorang mengklik teks iklan Google Adsense,
maka si pemilik blog akan mendapatkan sejumlah komisi.
Adwords:
Kebalikan dari Adsense. Adwords memungkinkan perusahaan atau individu
untuk memasang iklan dan mempromosikan produk, jasa atau situs mereka
berdasarkan perhitungan cost per click (CPC). Seorang pemasang iklan
harus menentukan kata kunci yang hendak dibidiknya dan berapa harga yang
bisa ia berikan untuk setiap kliknya. Iklan Adwords bisa muncul di
halaman hasil pencarian Google maupun di unit iklan Adsense di situs
atau blog yang mengikuti program Adsense.
Affiliate Marketing:
Disebut juga affiliasi, adalah sebuah cara yang sangat populer untuk
mendapatkan uang dari internet dimana seorang pemilik program affiliasi
memberi kesempatan orang lain untuk memasarkan produk atau jasanya
dengan imbalan sejumlah komisi. Komisi bisa bersifat tetap atau
berubah-ubah, dan bisa berdasarkan klik, leads atau penjualan yang
terjadi.
Akismet: Plugin filter spam untuk blog
berplatform WordPress yang sangat populer. Dibuat oleh perusahaan yang
sama dengan yang membuat kode WordPress, Automattic.
Alexa:
Sebuah perusahaan online (milik Amazon.com) yang memantau traffic semua
situs yang ada di internet. Sistem ranking yang digunakan didasarkan
pada data statistik dari toolbar browser pengguna internet. Belakangan
mereka mengubah algoritme ranking ini untuk menghilangkan bias toolbar
yang banyak menguntungkan situs-situs bertopik teknologi. Semakin rendah
ranking Alexa, maka semakin tinggi trafficnya. Walaupun demikian
terdapat sejumlah kontroversi mengenai akurasi ranking Alexa ini.
Anchor Text:
Teks yang digunakan di dalam back link. Kebanyakan pakar optimasi mesin
pencari (SEO) sepakat bahwa anchor text merupakan salah satu faktor
penting yang mempengaruhi posisi ranking sebuah situs atau blog di hasil
pencarian search engine.
Atom: Sebuah format sindikasi
feed yang dikembangkan sebagai alternatif RSS. Atom memungkinkan
seseorang mendapatkan updates artikel dari sebuah situs atau blog
manakala ada posting baru.
Automattic: Perusahaan yang
didirikan oleh Matt Mullenweg dan bertanggungjawab terhadap pengembangan
WordPress.org (software blog) dan WordPress (hosting) selain
proyek-proyek lainnya.
Backlink: Hiperlink yang tampil di
blog atau situs lain dan menaut pada halaman utama atau halaman lain
dalam suatu blog atau situs. Backlink penting karena Google dan mesin
pencari yang lain mempergunakan jumlah dan kualitas backlink sebagai
ukuran tingkat kepercayaan sebuah blog atau situs.
Blackhat:
Gabungan teknik SEO dan online marketing yang seringkali tidak etis dan
bahkan kadang ilegal dengan tujuan tertentu. Menyembunyikan teks
dibalik gambar atau mempergunakan halaman doorway dengan re-direct
adalah contoh teknik-teknik blackhat.
Blog: Suatu jenis
situs dimana sang pemiliknya mempublikasikan pikiran, ide atau
pengetahuan mengenai topik tertentu. Biasanya isinya berupa artikel,
yang disebut post, dan disusun berdasarkan urutan kronologis. Awalnya
blog muncul sebagai diary online, namun saat ini blog mencakup berbagai
macam ceruk topik, dan bersaing ketat dengan media massa kebanyakan.
Blog Carnival:
Sebuah event ketika para blogger berkumpul untuk untuk membuat sebuah
koleksi artikel mengenai sebuah topik tertentu. Biasanya blog carnival
hanya terdiri dari satu blog dengan sejumlah blog yang berpartisipasi
mengirimkan artikelnya.
Blogger: Seseorang yang memiliki
blog. Blogger juga merupakan nama komersil platform dan hosting blog
gratis milik Google (yang lebih dikenal dengan nama ekstensi Blogspot).
Blogging:
Aktivitas menulis sesuatu di dalam blog. Bisa juga berarti aktivitas
yang lebih luas yang dilakukan oleh seorang blogger (misalnya
berinteraksi dengan pembaca, mempersiapkan materi konten, dan
lain-lain).
Bloglines: Salah satu RSS Feed Reader yang
paling populer. Bloglines merupakan aplikasi berbasis web yang
memungkinkan penggunanya untuk berlangganan dan mengelola RSS Feed.
Blogosphere: Istilah yang dipergunakan untuk menjelaskan dunia yang diciptakan oleh jaringan blog.
Blogroll:
Fitur blog yang sangat populer yang memungkinkan pemilik blog
menampilkan daftar blog-blog lain yang direkomendasikannya. Fitur ini
biasanya ditampilkan di bagian sidebar. Namun saat ini semakin sedikit
blog yang menampilkan blogroll.
Comments: Hampir semua
platform blog memungkinkan pembacanya untuk memberikan komentar dan
meninggalkan feedback di setiap halaman posting artikel sebuah blog.
Fitur inilah yang membuat blog menjadi sebuah media percakapan langsung
dan telah menjadi salah satu faktor kesuksesan blog di dunia internet.
Comment Spam:
Komentar yang ditulis semata-mata untuk mendapatkan backlink dan
diharapkan akan memberikan aliran traffic pengunjung ke blog pihak yang
menuliskan komentar spam tersebut.
Compete: Perusahaan analis web, seperti halnya Alexa, yang memantau dan memperkirakan jumlah traffic situs atau blog.
CPC:
Kependekan dari cost-per-click, dan ia merepresentasikan suatu bentuk
online advertising dimana si pengiklan (advertiser) memberikan sejumlah
uang kepada setiap pengunjung yang meng-klik iklannya dan mengunjungi
situs atau halaman penjualan produknya. Di sisi lain, terdapat penerbit
iklan (publisher) yang menampilkan iklan CPC di situs atau blognya dan
mendapatkan uang untuk setiap klik yang dilakukan pengunjung situs atau
blognya. Jaringan iklan CPC paling terkenal adalah Google Adwords.
CPA:
Kependekan dari cost-per-action, dan ia merepresentasikan suatu bentuk
online advertising dimana si pengiklan (advertiser) akan membayar ketika
pengunjung sebuah situs melakukan tindakan tertentu (misalnya ketika
mereka berlangganan news letter atau membeli sebuah produk tertentu).
Kebanyakan program affiliasi menggunakan skema CPA.
CPM:
Kependekan dari cost-per mille, dimana mille berarti 1000 dalam bahasa
Latin. CPM, dengan demikian berarti harga per 1000 impresi, dan ia
merepresentasikan suatu bentuk online advertising dimana si pengiklan
(advertiser) akan membayar harga tertentu ketika iklan banner atau iklan
lain mereka ditampilkan setiap 1000 kali di sebuah situs atau blog.
CSS:
Kependekan dari Cascading Style Sheets, dan merupakan bahasa
pemrograman yang dipergunakan untuk membuat halaman wes yang ditulis
dengan kode HTML atau XHTML. Kelebihan CSS adalah memungkinkan Anda
untuk mengontrol tampilan halaman situs secara bersamaan dari lokasi
yang sama (file CSS).
Custom Domain: merupakan nama domain
pilihan yang bisa digunakan sebagai alternative menggantikan nama blog
kita diblogger (blogspot). Kita bisa menggantikan alamat
namablog.blogspot.com dengan namablog.com atau .net, .info, .org,
.web.id, atau dengan nama domain lainnya.
CNAME(Canonical Name): adalah domain name alias, yaitu salah satu syntax yang dipergunakan dalam DNS untuk mengarahkan Domain ke alamat tertentu.
Digg:
Situs social bookmarking paling terkenal di dunia. Pada dasarnya Digg
adalah sebuah situs yang dihidupi oleh penggunanya, dimana anggota
komunitas Digg memberikan vote terhadap sebuah artikel yang akan tampil
di halaman depan situs tersebut. Bagi kebanyakan pemilik situs, tampil
di halaman depan Digg adalah sebuah kebanggaan. Ia bisa memberikan
ribuan pengunjung hanya dalam waktu sehari. Meskipun demikian, terdapat
kontroversi terhadap kualitas traffic pengunjung yang datang dari Digg
karena pengunjung biasanya jarang kembali lagi dan jarang meng-klik
iklan.
Domain: Juga dikenal sebagai nama domain atau nama
hosting domain, adalah nama situs atau blog yang tercatat di dalam dunia
internet. Contoh nama domain adalah Yahoo.com.
Duplicate Content:
Konten hasil duplikasi (biasanya berupa teks/artikel) dalam sebuah
situs atau blog. Mesin pencari (misalnya Google Search Engine) cenderung
menjatuhkan penalti untuk situs atau blog dengan konten-konten hasil
duplikasi.
Favicon: Kependekan dari "Favorite Icon",
adalah sebuah ikon yang diasosiasikan dengan logo sebuah situs atau blog
dan akan muncul pada bagian browser atau bagian bookmark. Favicon
dimaksudkan untuk memudahkan mengidentifikasi sebuah situs atau blog.
Feed:
Disebut juga feed web atau feed news, adalah sebuah format data yang
digunakan di dunia internet untuk memudahkan penggunanya mendapatkan
updates artikel dari situs atau blog favoritnya. Terdapat dua jenis
format utama feed: RSS Feed dan Atom Feed.
Feed Count:
Biasanya merujuk pada widget dari FeedBurner yang berfungsi memberikan
laporan jumlah pelanggan RSS pada suatu situs atau blog.
FeedBurner:
Sebuah perusahaan online milik Google yang menyediakan layanan RSS
Feed. FeedBurner merupakan layanan gratis yang menyediakan RSS Feed
dengan berbagai fitur menarik, dan memudahkan pemilik situs atau blog
mengumpulkan data statistik RSS Feed situs atau blognya.
FTP:
Kependekan dari File Transfer Protocol. FTP merupakan sebuah protokol
jaringan yang digunakan untuk mentransfer data dari satu komputer ke
komputer lainnya. Jika Anda menggunakan layanan perusahaan hosting, Anda
membutuhkan FTP untuk mentransfer file situs Anda dari komputer Anda ke
server perusahaan hosting tersebut.
HTML: atau juga
Hypertext Markup Languange adalah standarisasi dari kode bahasa komputer
yang merupakan sumber dari dokumen web, dibentuk dengan kode teks,
gambar, link ke dokumen lainnya, ada juga dalam bentuk aplikasi lain
seperti suara, gambar bergerak dan lain-lain).
JavaScript: bahasa pemrograman yang sederhana untuk membuat interaktifitas pada halaman website atau blog.
Keyword:
suatu kata pencarian yang digunakan untuk mencari data di search
engine. Biasanya teknik SEOnya para blogger salah satunya adalah nembak
keyword. Dimana dalam setiap postingan sengaja mencantumkan
keyword-keyword populer.
Link: url (istilah url dibagian bawah) yang menempel pada suatu dokumen.
Page Rank:
rangking sebuah halaman websire/blog yang diberikan oleh Google.
Seperti pada sidebar blog ini terdapat blog saya mendapatkan Page Rank 2
untuk saat ini. Page Rank mulai 0-10 semakin besar angkanya, semakin
besar juga tingkat kepopulerannya.
Plug-In: aplikasi yang
ditempelkan pada aplikasi lainnya. Dalam setiap website atau blog yang
bisa memutar suara atau film, biasanya menggunakan plugin.
Ping (Packet Internet Grouper):
berfungsi untuk memberitahu layanan-layanan yang berhubungan dengan
blog, bahwa kita baru menambah atau mengupdate konten blog kita. Bisanya
setelah update blog saya ping ke technorati atau layanan-layanan
lainnya.
Pro Blogger: Seorang blogger profesional yang
mendapatkan penghasilan melalui blog dan hidup dari income yang ia
terima dari aktivitas blogging.
RSS: Kependekan dari
Really Simple Syndication. RSS adalah suatu format yang digunakan untuk
mengirimkan informasi dari sebuah situs dan halaman situs yang di-update
secara berkala. Sebuah dokumen RSS (yang disebut feed) berisi ringkasan
ataupun keseluruhan konten dari sebuah situs. Keuntungan terbesar
menggunakan RSS adalah memungkinkan pengunjung sebuah situs untuk tetap
berhubungan dengan situs-situs favorit mereka tanpa harus mengunjunginya
secara online. Manakala Anda berlangganan sebuah RSS Feed, secara
otomatis Anda akan menerima updates konten situs bersangkutan apabila
situs tersebut mempublikasikan konten baru.
Scraper:
Seseorang yang menyalin konten dari sumber lain (baik situs ataupun
blog) dan mempublikasikannya di blognya sendiri, dengan atau tanpa
memberikan kredit link, dan tanpa meminta izin kepada penulis aslinya.
Scraper bisa dilakukan secara manual ataupun otomatis dan biasanya
menggunakan tool scraping RSS Feed. Scraper jelas-jelas merupakan
pelanggaran hak cipta.
SEO: Kependekan dari search engine
optmization. SEO mencakup sejumlah aktivitas yang ditujukan untuk
meningkatkan ranking sebuah situs di halaman hasil pencarian search
engine (terutama Google). Ada dua jenis aktivitas yang dilakukan yaitu:
optimisasi on-page, yakni mengoptimalkan penggunaan tag dan konten
sebuah situs; dan optimisasi off-page, yakni mengoptimalkan
faktor-faktor eksternal misalnya jumlah dan kualitas backlink,
teknik-teknik promosi, dan lain-lain.
SERP: Kependekan
dari search engine results page. Ketika Anda mencari sebuah kata kunci
melalui Google search engine, Anda akan mendapatkan halaman 10 hasil
pencarian yang sesuai dengan kata kunci yang Anda cari. Halaman itulah
yang disebut SERP.
Social Bookmarking: Disebut juga social
aggregators atau community bookmarking. Social Bookmarking adalah situs
yang memungkinkan penggunanya untuk menemukan, mengirimkan,
menyebarluaskan dan memberikan vote terhadap sebuah artikel dari
internet. Situs social bookmarking paling populer adalah Digg.com,
Reddit.com, StumbleUpon.com dan Del.icio.us.
Social Media:
Sebuah istilah umum yang digunakan untuk mendefinisikan situs dan
aplikasi web dimana terdapat unsur interaksi sosial didalamnya (dalam
bentuk teks, gambar, suara, video atau gabungan dari semuanya). Contoh
situs social media adalah blog, forum online, social network, Wikipedia
dan lain-lain.
Social Networks: Dalam dunia internet,
istilah ini merujuk kepada sejumlah situs dan aplikasi, dimana tujuannya
adalah untuk memberi kesempatan penggunanya yang memiliki sebuah minat
yang sama untuk saling berhubungan, berinteraksi dan berbagi. Contoh
populer situs social network adalah MySpace.com dan LinkedIn.com.
Splog:
Blog yang hanya digunakan untuk mempublikasikan konten-konten spam.
Splogs biasanya berisi teks yang dikopi dari sumber lain, dikombinasikan
dengan link-link situs-situs obat-obatan terlarang, minuman keras dan
judi.
Spam: tindakan atau teknik yang melanggar ketentuan
yang telah ditetapkan pada ketentuan penyedia layanan search engine.
Seperti pengiriman pesan tidak penting yang sengaja dikirim massal.
StumbleUpon:
Situs social bookmarking populer yang bertujuan memampukan para
penggunanya untuk menemukan situs-situs baru dan menarik. StumbleUpon
bekerja dengan menggunakan browser toolbar yang memungkinkan penggunanya
untuk memberikan vote dan meng-klik tombol “Stumble!” yang akan
menampilkan sejumlah situs atau halaman situs berdasarkan pilihan
penggunanya dan apa yang di-vote oleh pengguna lain.
Subscriber:
Pengunjung situs atau blog yang berlangganan RSS feed sebuah situs
ataupun berlangganan melalui email. Manakala situs tersebut di-update
dengan konten baru, pelanggan tersebut akan menerima konten melalui RSS
Reader ataupun email. Para web master dan blogger sangat memperhatikan
jumlah pelanggan RSS karena ia merepresentasikan jumlah pembaca setia
dan traffic pengunjung yang konstan.
Tag: Hampir sama
dengan kategori, tag digunakan untuk mengklasifikasikan sebuah artikel
atupun konten dalam sebuah situs. Tag bersifat lebih fleksibel ketimbang
kategori dan biasanya digunakan dengan cara yang lebih spesifik. Satu
artikel atau posting biasanya diberikan satu kategori besar dan banyak
tag di dalamnya.
Technorati: Layanan mesin pencari blog,
yang memberikan informasi tracking blog, tautan link dan posting dari
seluruh dunia. Sangat populer meskipun beberapa tahun belakangan mulai
kehilangan perhatian. Salah satu fiturnya yang paling terkenal adalah
daftar Technorati Top 100, yang memberikan ranking 100 blog terpopuler
di dunia berdasarkan jumlah link dari blog lain.
Twitter:
Sebuah layanan social networking dan microblogging yang kini sangat
populer. Pengguna Twitter dapat "mengikuti" pengguna yang lain untuk
mendapatkan updates berita terbaru dari mereka. Setiap update hanya
boleh berisi 140 karakter, dengan atau tanpa hiperlink.
Text Link Ads:
Suatu bentuk layanan periklanan online dimana si pemasang iklan membeli
sebuah link di situs lain dengan teks yang ia pilih sendiri dan
biasanya tanpa tag nofollow. Praktek ini sangat populer hingga kemudian
Google mulai memberi penalti situs-situs yang menjual ataupun membeli
teks link dengan tujuan untuk meningkatkan hasil pencarian search
engine.
Trackback: Sebuah tool networking, hampir sama
dengan pingback, yang digunakan untuk memberi informasi kepada sebuah
situs ketika seseorang menautkan link ke situs tersebut.
Unique visitor:
Unique visitor adalah jumlah pengunjung manusia yang masuk ke sebuah
situs dalam jangka waktu tertentu, Katakanlah 3 orang mengunjungi sebuah
blog pada hari yang sama, 2 orang mengunjunginya dua kali dan
masing-masing membuka 5 halaman blog. Maka pada hari tersebut, blog ini
memiliki 3 unique visitors, 5 total visitors, dan 15 page views.
Viral Content:
Konten yang menyebar dengan sangat cepat di dunia internet, seperti
halnya virus flu dalam kehidupan nyata. Kontennya sendiri bisa berupa
artikel, gambar, atau video, namun harus sangat lucu, kontroversial atau
sangat bermanfaat sehingga orang merasa perlu untuk menulis tentangnya.
atau memberitahu temannya mengenai hal tersebut.
WordPress:
Software blogging paling populer di dunia internet, diciptakan oleh
sebuah perusahaan yang bernama Automattic. WordPress mendapatkan
popularitas terutama karena dukungan komunitasnya yang sangat aktif. Ada
ribuan orang yang menyediakan template gratis, plugin dan dukungan
terhadap pengembangan proyek WordPress.
WordPress Plugin:
Kode-kode khusus yang dibuat dengan tujuan untuk mengembangkan kemampuan
sebuah software, dalam hal ini adalah WordPress. Terdapat ribuan plugin
WordPress yang telah dibuat, dengan fungsi yang sangat beragam.
URL: Kependekan dari Uniform Resource Locator. URL mencakup nama domain dan protokol yang digunakan. Contoh URL adalah http://www.namadomain.com.
Sumber : http://www.e-handbook.web.id/2009/06/kamus-istilah-blogger.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar