Rabu, 13 Agustus 2014

Minuman Instan Mebahayakan Kesehatan

Peringatan dari IDI (Ikatan Dokter Indonesia)
Saat ini sedang ada wabah pengerasan otak ( bukan otot ya.. hahaha) atau sumsum
tulang belakang. Disarankan jangan meminum produk:
1. Extra joss
2. M-150
3. Kopi Susu Gelas
4. Kiranti
5. Kratingdaeng
6. Hemaviton
7. Neo Hormoviton
8. MArimas
9. Fruitillo
10. Segar sari
11. Pop Ice
12. Segar dingin vit. C
13. Okky Jelly drink
14. Inaco
15. Gatorade
16. Nabati
17. Adem sari
18. Naturade Gold
19. Aqua Spalsh fruit
karena mengandung ASPARTAME ( Lebih keras dari biang gula) racun yang
menyebabkan diabetes, kanker otak dan bisa mematikan sumsum tulang.
diteruskan kepada orang orang yang kita cintai dan kita sayangi. dr. H. ISMUHADI, MPH (0811-323601) per tanggal 14-02-2010.. .

****************************************************

Tulisan ber-bold di atas barusan saya temukan dalam email saya. Pengirimnya seorang dokter yang sudah saya kenal dan sering jumpa, jadi saya tidak melihat ada unsur bercanda mengapa dokter ini sampai harus mengirimkan berita macam itu lewat email kepada banyak orang di sebuah mailing-list.

Saya dulu suka beli aqua spalsh fruit karena rasanya enak. Ponakan saya belum lama ini langsung menyeborot permen jenis fruitillo ketika saya dan dia pergi ke warung membeli baterai. Melihat anak kecil umur 2 tahunan meminta makanan yang dia anggap enak benar-benar tak sampai hati saya menolaknya. Belum lagi, dia pasti tak senang kalau saya tak mau beli. Begitu lihat kotak tempat permen itu di warung yang terbuat dari semacam botol tembus pandang, dia langsung tunjuk, “Beli itu Bou!” (Bou adalah panggilan untuk saudari perempuan ayah kita dalam masyarakat Simalungun)

Sampai sekarang, ponakan saya juga makan kerupuk-kerupuk yang dijual di warung; makanan yang sama sekali tak bergizi. Susah menolak sebab anak kecil bisa menangis kalau tak kita penuhi kemauan mereka. Saya kira memang dalam makanan-makanan itu ada zat-zat adiktif. Masih untung bahwa ponakan saya senang makan buah-buahan jadi bisa menghilangkan sebagian pengaruh negatif dari makanan jajanan yang dia beli di warung-warung.

Saat tak enak badan beberapa hari yang lalu, saya juga beli sebungkus adem sari. Duh, tobat! Tak lagi saya mau beli itu. Sudah ada setahun lebih saya tak minum adem sari.
Link http://kesehatan.kompasiana.com/medis/2010/03/14/minuman-instan-berbahaya-bagi-kesehatan-93155.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar